Memanfaatkan LinkedIn untuk UKM

Sebagai media sosial, LinkedIn belum banyak dipergunakan untuk mengoptimalkan penjualan oleh para pemilik usaha kecil. Padahal, ada kekuatan dahsyat di LinkedIn yang bisa meningkatkan penjualan.

LinkedIn adalah tempat untuk mengembangkan jejaring dan brand profesional Anda, meningkatkan visibilitas secara online, berinteraksi dengan profesional lain yang memiliki minat serupa, dan merekrut karyawan baru dari jutaan kandidat yang ada di LinkedIn.

Jika dimanfaatkan secara tepat untuk keperluan pengembangan bisnis, LinkedIn bisa menjadi senjata ampuh mendapatkan banyak pelanggan.

Berikut ini adalah lima tip memanfaatkan LinkedIn untuk bisnis Anda.

Tingkatkan profil LinkedIn. Profil Anda dapat membuka pintu bagi klien, karyawan dan mitra potensial untuk menghubungi Anda. Profil Anda bisa menjadi gerbang calon konsumen untuk mengenal produk dan usaha Anda.

Buat halaman bisnis. Deskripsikan profil bisnis Anda, mulai dari jenis usaha, jenis produk, logo, lokasi, hingga nomor kontak yang bisa dihubungi. Manfaatkan berbagai fitur, seperti Targeted Updates dan Follower Insights, untuk menargetkan audiens dan berinteraksi dengan pengikut Anda.

Kembangkan dan monitor jaringan profesional Anda. Impor daftar kontak e-mail untuk menemukan kenalan Anda yang sudah ada di LinkedIn. LinkedIn merekomendasikan orang yang mungkin Anda kenal berdasarkan informasi profil dan kontak Anda. Telusuri rekomendasi tersebut, dan kirimkan undangan untuk terhubung dengan orang yang Anda kenal. Mengirimkan undangan ke pelanggan, klien dan vendor adalah cara yang baik untuk menjalin hubungan dengan pelanggan Anda secara online (saingan Anda belum tentu berinteraksi dengan cara yang sama).

Dapatkan rekomendasi. Pastikan bahwa Anda tak lupa meminta rekomendasi dari pelanggan yang puas dengan produk/layanan Anda dan bersedia memberikan testimonial. Pelanggan puas adalah sumber terbaik untuk pelanggan baru. Anda juga dapat menerima rekomendasi keahlian dari koneksi Anda, yang memberi Anda kredibilitas tambahan dari pihak ketiga.

Gunakan fitur grup untuk berinteraksi dengan koneksi Anda. Bergabunglah dengan grup “usaha kecil” (small business) untuk mendapatkan tip dan jawaban dari profesional lain dengan minat dan industri serupa. Bergabung dengan grup di industri Anda atau bisnis kecil lain juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan koneksi baru. Hubungan profesional apapun – baik lokal maupun internasional – akan bermanfaat bagi bisnis Anda. Siapa tahu Anda bertemu klien potensial untuk bisnis Anda.

Sumber: Info Jakarta

Iklan
Categories: Wirausaha | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: