Kiat Menambah Hafalan Qur’an di Tengah Kesibukan

 

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?
( Al-Qamar : 17)

Dalam menjalankan aktivitas kita, kadang kita sering lalai untuk menambah perbekalan hafalan quran kita.
Ditengah kesibukan kita dalam mencari nafkah untuk keluarga, tak terasa waktu semakin cepat berlalu.
Sehingga semakin bertambah tahun, hafalan quran kita tidak nambah-nambah. Mungkin bertambah hafalan yang baru akan tetapi hafalan yang lama terlupakan bahkan hilang karena tidak rutin di muroja’ah

Memang sulit untuk membagi waktu, ketika kita dipagi hari harus berangkat kekantor. Dan ketika malam tiba
baru sampai di rumah. Ketika dimalam hari, kondisi tubuh mungkin sudah sangat letih untuk menambah
hafalan quran kita. Belum lagi di dalam rumah tangga dengan berbagai pernak-pernik permasalahnnya.

Tapi kalau kita punya kemauan keras untuk bisa menambah hafalan quran, ada beberapa cara praktis
bagi orang yg super sibuk sekali pun. Dan Alhamdulillah, berikut adalah beberapa tips mudah menghafal al qur’an untuk orang yang sibuk. Semoga bisa membantu.

1. Target Hafalan

Sebelum menghafal, kita harus tetapkan target hapalan kita. Misal kita ingin menghapal Quran Jus 1. Di Jus 1 ada 21 halaman. 1 halaman rata rata 15 baris. 1 halaman alfatihah sudah hafal. Halaman 2 ada 6 baris. Jadi total jumlah baris juz 1 sebanyak 306 baris. Surat al fatihah tidak dihitung karena sudah hafal.

Target kita Hapal misal 1 hari 3 baris, maka juz 1 akan selesai dalam waktu 102 hari. Atau kurang lebih 3 bulan 12 hari. atau apabila terlalu lama targetnya bisa dinaikkan menjadi 1 hari 5 baris, maka juz 1 akan selesai dalam waktu kurang lebih 2 bulan.


2  Tools Hafalan

Download MP3 Murottal Jus 1 para syeikh yang hafidz. Silahkan search di google. Atau pesan ke saya nanti saya kirim 7 bacaan murottal yang berbeda. Plus bacaan per ayat. Plus bacaan dengan terjemahnya
Misal Syeikh Mishaari alfasy. Kemudian pasang di Periperal kita
Misal, Tablet, Laptop, BB, I-phone, I-Pad, Handphone, Komputer, apapun yang bisa dimanfaatkan yg kita punya.

Al-quran pojok (Standard). Untuk menghafal lebih baik gunakan 1 mushaf yg standard. Al Qur’an boleh berbeda penerbitnya, namun tetap mengacu ke standart Al Qur’an hafalan.

3 Metode Hapalan

Kita tentu ingat dengan kisah orang-orang hebat penghafal quran. Walapun dalam penjara, bahkan walaupun ada diantara mereka buta, tapi dapat menghafal quran dengan baik. Mereka menghafal bukan dengan cara melihat, tapi dengan cara mendengar.
Dari apa yg mereka dengar dari para hafidz, mereka dapat menghafal walaupun buta. Jadi setelah mendengar beberapa kali dari para Hafidz, mereka coba menghafal dari apa yg mereka dengar dengan Talaqqi.

Maka kalau kita mau memfokuskan indra pendengaran kita, In sya Allah kita akan mudah dalam menghafal quran. Apalagi kita bisa gunakan indra penglihatan kita juga untuk menghafal. Lalu kita gunakan hati kita untuk merasakan dan membayangkan seakan akan ayat yang kita hafalkan turun kepada kita. Sekaligus kita mengucapkan dengan suara yang keras dan lantang sesuai makhorijul hurufnya secara fasih, tartil dan dilagukan sengan semaksimal mungkin.

Tapi seandainya bacaan kita belum benar dan makrorijul huruf kita masih banyak yg perlu di perbaiki. Kita bisa menghafal dengan
Panduan MP3 murottal Syeikh Hudzaifi. Karena Murottalnya lebih lamban, sehingga kita bisa ikuti sesuai bacaannya.Kita bisa mulai dengan hafalan surat-surat pendek di jus 30.

4 Cara Menghafal

Simak murottal surat yg kita ingin hafal, yg sdh kita download di periperal kita. Bisa gunakan earphone.
Tapi yg kita dengar haruslah fokus. Misal yg kita ingin hafal adalah surat An Naba. Maka yg kita setel hanya surat ini

Kemudian setting di softwarenya dengan mode Repeat. Jadi yg kita dengar selama perjalanan hanya surat ini berulang-ulang.

Gunakan waktu selama perjalanan baik di mobil, bus, kereta atau diatas motor, atau waktu istirahat di Kantor, saat makan siang dll.

Jadi misal untuk mendengarkan 1 surat an Naba adalah 4 menit, 34 detik.
Maka selama 1 jam, kira-kira kita sudah menyimak sebanyak 13 kali. Setelah menyimak beberapa kali, coba kita ikuti
murottalnya. Tapi usahakan kita betul-betul menyimak apa yg kita dengar. Karena kalau hanya mendengar dan tidak fokus akan menghambat lengketnya hafalan kita.

Untuk yg pakai WINAMP player, setting MP3, bisa dgn klik kanan pd tulisan WINAMP kemudian pilih yg Repeat & Shuffle. Dan file yg
di upload hanya Surat an Naba.

Dipagi hari, coba kita baca surat an Nabanya. Gunakan Mushab standard. Surat An Naba ada 40 ayat, 20 baris jadi seandainya kita ingin menghafal 1 hari 3 baris saja, maka surat an Naba akan selesai kita hafalkan dalam waktu 1 minggu. Lebih bagus kalau artinya kita telaah. Kalau kita sering mendengar murottalnya InsyaAllah akan cepat hafal.

Hari berikutnya coba kita dengar lagi Surat an Nabanya selama perjalanan kita kekantor. Dan ini kita sesuaikan dengan hafalan yang tadi pagi sudah kita hafal biar cepat lengket. Ikuti Murottal, fokuskan 3 baris yang tadi kita hafal.

Kalau selama 7 hari kita mendengar murottal an Naba 1 jam, 1 jam berarti kira kira 12 kali pengulangan, maka kita mendengar sebanyak 12 x 7 = 84 kali. Kalau per hari 2 jam maka kita mendengar sebanyak 168 kali. Jadi kalau kita menyimak dengan baik In sya Allah cepat hafal.

Ketika dipagi hari kita menghafal 3 baris, akan terasa lebih mudah karena sudah akrab di telinga.

In sya Allah kita bisa hafal kalau kita mau. Bisa juga dikombinasikan dengan metode yang sudah saya share sebelumnya. Selamat berjuang sahabat…

Menjadi hafidz/hafidzah adalah impian besar yang kita yang harus diwujudkan. Luruskan niat dan ikhlash beramal karena Allah. Tetap sabar dalam menghadapi segala tantangan yang menghadang dalam menjalani peosesnya. Terlebih lagi terhadap orang orang yang ingin mencuri impian kita. Miliki motivasi terbesar dan tersahsyat agar rasa malas, bosan, capek, jenuh, dan teman temannya bisa terkalahkan dengan mudah. Apabila kita semua berazam u mengfala Al Qur’an lipatgandakan keyakinan bahwa Allah yang menggaransi kemudahannya. Tugas kita hanyalah terus berusaha seoptimal mungkin dan berdoa sekaligus bertawakkal kepadaNya.

” AL QUR’AN…DI DADAKU…”
” AL QUR’AN…KEBANGGAANKU…”
” KU YAKIN….HARI INI…”
” PASTI HAFAL…. “

Iklan
Categories: Islam | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Kiat Menambah Hafalan Qur’an di Tengah Kesibukan

  1. Terimakasih min sangat bermanfaat.. semoga lebih mumadahkan kita dalam belajar dan menghafal Alquran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: